Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Carnaval dan Tempat Wisata Favorit

Taman Impian Jaya Ancol adalah tempat paling menyenangkan untuk berlibur. Keberadaan destinasi wisata menjadi hal terpenting yang harus dimiliki suatu negara, pasalnya keberadaan destinasi wisata tak hanya untuk menambah pemasukan kas negara yang dapat membantu sektor pembangunan fasilitas umum negara saja, namun objek wisata juga berperan aktif untuk memberikan hiburan serta suasana menyenangkan bagi warga negara. Rekreasi menjadi salah satu solusi terbaik bagi masyarakat dikala rasa suntuk dan penat tiba.

Taman Impian Jaya Ancol memiliki objek wisata yang beragam. Bahkan para wisatawan bisa bermain dan melakukan liburan dengan suasana riang gembira, maka masyarakat akan merasa terhibur dan suntuk yang sempat dirasa akan hilang sehingga kehidupan sehari-hari akan berlangsung lebih baik.

Taman Impian Jaya Ancol, mungkin warga Jakarta dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan objek wisata fenomenal pilihan keluarga satu ini. Wisatawan yang datang pun tak berasal dari masyarakat lokal saja, namun terdapat wisatawan asing yang menyempatkan waktunya ke Indonesia guna mengunjungi destinasi wisata yang digadang-gadang menjadi ikon favorit bangsa.

Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Carnaval dan tempat Wisata Favorit terletak di kawasan Daerah Kawasan Ibukota Jakarta tepatnya Jakarta Utara selalu ramai pengunjung terlebih saat liburan tiba, bahkan dalam jangka jam kerja pun tetap ramai pengunjung.

Berikut ini ada ulasan menarik tentang objek wissata ternama di Jakarta ini!

Objek wisata Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol terlintas sekilas mindset kita akan tertuju akan gambaran pantai saja. Namun siapa sangka, dalam tempat rekreasi ini tak hanya menyuguhkan pantai sebagai ajang menghibur diri, tapi juga ada beragam wahana yang dapat dinikmati seluruh pengunjung.

Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki beraneka ragam wahana mulai dari yang mengacu adrenalin hingga yang memberikan edukasi bagi pengunjung terutama anak-anak yang usianya masih mencicipi kursi Pendidikan.

Fakta menarik mengungkapkan bahwa Taman bermain pilihan keluarga ini tak hanya memiliki 1 jenis pantai saja, namun terdapat beberapa pantai yang semuanya sangat memukau dan mampu memanjakan indera penglihatan. Beberapa nama pantai tersebut ialah pantai elok, pantai ria, pantai fetival, pantai Carnaval Club dan masih banyak lagi.

Sejarah Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Carnaval dan tempat Wisata Favorit

Taman Impian Jaya Ancol diperkirakan dibangun setalah 21 tahun Indonesia terbebas dari cengkraman kaum kolonial penjajahan yaitu tahun 1966 silam. pada awalnya kawasan daerah Ancol sempat menjadi incaran seorang pemimpin provinsi Hindia Belanda atau yang saat ini di sebut Gubernur bernama Adriaan Valckenier pada abad 17 silam.

Gubernur Adriaan Valckenier mengincar kawasan Ancol untuk segera dijadikan destinasi wisata karena menurutnya kawasan Ancol memiliki sentuhan hipnotis yang mampu menarik perhatian wisatawan maupun pelancong untuk berkunjung dan menghabiskan sebagian uangnya disana. Namun keinginan sang Gubernur Hindia Belanda tersebut harus dikubur dalam-dalam karena ia tidak berhasil mendirikan destinasi wisata saat masa kepemimpinannya dikarenakan pada saat itu pemerintah Hindia Belanda lebih tertuju dan fokus akan perang perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Setelah Indonesia mendapatkan hak kemerdekaan yang sah, bangsa tentunya membutuhkan sosok pemimpin beerwibawa dan bertanggung jawab untuk menuntut bangsa menjadi lebih baik dari sebelumnya, alhasil Ir. Soekarno diangkat rakyat Indonesia untuk dijadikan Presiden pertama Republik Indonesia. saat Ir. Soekarno menjadi Presiden, sesaat pikiran Ir. Soekarno tertuju dan tersadar akan keindahan kawasan Ancol yang sempat dijadikan incaran oleh Gubernur Hindia Belanda.

Alhasil pada akhir tahun 1965 tepatnya bulan Desember, Presiden pertama Republik Indonesia kemudian memberikan sebuah pesan dan tanggung jawab sepenuhnya atas proses pelaksanaan pembangunan Ancol agar dapat dijadikan objek destinasi wisata yang menarik. Presiden pertama Indonesia memilih Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sebagai Gubernur Daerah Khusus (DKI) Jakarta sekaligus manusia terpilih yang diberikan mandat langsung.

Tak disangka proses pembangunan kawasan Ancol belum berhasil dirampungkan pada masa pemerintahan Gubernur Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, saat Gubernur Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo lengser dari jabatan yang telah diampu, kemudian tanggung jawab pembangunan serta pengembangan Ancol dilimpahkan kepada seorang Gubernur DKI Jakarta penerus Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo bernama Ali Sadikin di tahun 1966 yang lalu. Dalam pembangunannya, Gubernur Ali Sadikin dibantu oleh tim BPP atau Badan Pelaksanaan Pembangunan dari PT. Pembangunan Jaya Ancol.

Fakta menarik lainnya meengungkapkan bahwa di Taman Impian Jaya Ancol juga terdapat sebuah danau indah yang melintas sejauh kurang lebih 6.5 km. Danau indah satu ini digadang-gadang dan disebut sebagai danau impian. Di danau impian ini terdapat beberapa wahana watersport yang tentunya mengandalkan media air sebagai penunjang utamanya seperti banana boats, Donut boats, Swan Pedal boats dan masih banyak lagi.

Wahana yang ditawarkan juga tak main-main. Banyak wahana terkenal nan eksotis yang menyelimuti dan melengkapi keindahan Ancol. Wahana tersebut ialah Wahana Dunia Fantasi atau yang akrab disebut Dufan dengan ikon kurcaci yang berekspresi ceria, selain Dufam ada juga wahana Ocean Dreams, Atlantis, dan Seaworld yang memelihara berbagai makhluk hidup yang hidupnya di laut.

Tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Carnaval dan tempat Wisata Favorit

Untuk dapat menikmati keindahan Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Carnaval dan tempat Wisata Favorit, pengunjung diwajibkan untuk membayarkan tiket masuk. Tiket masuk, tiket wahana, tiket parkir memiliki jumlah nominal yang berbeda. Berikut rinciannya:

Untuk tiket masuk gerbang dibandrol harga Rp. 25.000,-

Tiket Parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 15.000,-

Tiket Parkir kendaraan mobil di patok sebesar Rp. 25.000,-

Tiket Wahana:

Tiket Masuk Wahana Dunia Fantasi (Dufan)

Untuk dapat memasuki wahana Dufan, pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar Rp. 200.000,- setiap pengunjung di suasana Weekday dan Rp. 295.000,- setiap pengunjung di suasana Weekend.

Atlantis

Berbeda dengan Dufan, tiket masuk wahana Atlantis dibandrol Rp. 94.000 di Weekday dan Rp. 140.000,- di Weekend untuk setiap pengunjung.

Ocean Dream

Tiket masuk wahana Ocena Dream dibandrol dengan harga Rp. 90.000,- di Weekday dan Rp. 125.000 di Weekend berlaku untuk setiap pengunjung.

Seaworld

Bila dibandingkan, wahana Seaworld menjadi wahana dengan tiket masuk termuranh daripada lainnya. Dengan harga Rp. 80.000,- pada Weekday dan Rp. 100.000,- pada Weekend bagi setiap pengunjung, Anda dapat menikmati pesona biota laut.

Taman Impian Jaya Ancol sangat patut dijadikan destinasi terbaik dan terfavorit untuk mengisi waktu lapang dikala libur telah tiba. Dengan mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol pengunjung dapat melakukan rekreasi dengan keluarga, menenangkan fisik dan mental, mendapatkan pengalaman edukasi dan tak lupa mendapatkan spot foto dan selfie yang menarik dan aesthetic.

Itulah ulasan singkat mengenai Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Carnaval dan tempat Wisata Favorit yang bisa menjadi destinasi liburan tahun ini.