Taman Mini Indonesia Indah Jadi Idaman Wisatawan, Saat liburan Panjang

Taman Mini Indonesia Indah, salah satu pilihan destinasi wisata terbaik di Indonesia yang patut untuk dikunjungi. Seperti namanya, tempat ini merupakan salah satu wisata milik Indonesia yang tepatnya terletak di Kawasan Jakarta Timur.

Taman Mini Indonesia Indah dapat dijadikan tempat wisata acuan saat masa liburan tiba. Selain dapat digunakan untuk ajang rekreasi dan menyegarkan fisik dan mental setelah beraktivitas sepanjang tahun.

Taman Mini Indonesia Indah juga menjadi salah satu tempat favorit keluarga ketika libur tiba. Bahkan tempat ini juga akan ramai dikunjungi para pengunjung baik di dalam maupun luar kota.

Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki sarana dan prasarana yang mampu memberikan edukasi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuh Kembangan anak karena didalam tempat rekreasi ternama ini juga terdapat pembelajaran mengenai seni budaya Nusantara. Tentunya hal ini mampu memberikan pengetahuan dan motivasi bagi anak sebagai generasi muda bangsa untuk terus menjaga dan mengembangkan kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Mengenal lebih jauh Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah adalah taman rekreasi yang wajib di jaga. Hingga pada tahun 2021 silam Presiden Republik Indonesia yang ke tujuh yaitu Presiden Joko Widodo mengesahkan sebuah peraturan Presiden yang isinya tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki peran penting bagi bangsa, tak hanya menambah devisa negara namun dengan adanya tempat ini membuat masyarakat Indonesia belajar akan keanekaragaman budaya dan sejarah perjuangan bangsa untuk merdeka. Kehadiran Taman Mini pun tidak terlepas dari istri Presiden Republik Indonesia kedua yaitu Presiden Soeharto bernama Ibu Siti Hartinah Soeharto atau yang lebih akrab disebut bu Tien.

Hal yang melatarbelakangi Ibu Tien mendirikan Taman Mini Indonesia Indah ini ialah khayalan beliau untuk meringkas Indonesia menjadi sebuah miniature bangsa yang isinya mencakup segala hal tentang Bhinneka Tunggal Ika.

Tujuan bu Tien menginginkan adanya miniature bangsa ialah agar seluruh masyarakat Indonesia mudah mengenali berbagai keanekaragaman yang selama ini menciptakan persatuan dan kesatuan, selain hal itu, bu Tien juga berharap agar kekayaan bangsa dapat dipertahankan dan terus dikembangkan. Kemudian, keinginan bu Tien akhirnya terealisasikan.

Dalam perealisasian sebuah miniature bangsa, ibu Tien dibantu oleh pihak Yayasan bernama Yayasan Harapan Kita. Pihak Yayasan kemudian segera merancang dan merekapitulasi hal apa saja yang dibutuhkan. Dalam pembangunan miniature Indonesia dengan tujuan untuk saran edukasi yang saat ini diberi nama Taman Mini Indonesia Indah hanya memakan waktu pembangunan selama tiga tahun saja.

Pembangunan dimulai pada tahun 1972 dan rampung di tahun 1975 silam. Daya tariknya terlihat dari anjungan daerah. Sesuai tujuan utamanya untuk merangkum seluruh kebudayaan Indonesia tentu saja hal ini menjadi umpan pancing bagi masyarakat.

Anjungan daerah yang diterapkan di TMII ada 6 zona yaitu Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan tak lupa dengan Maluku dan Paapua. Pihak arsitektur sengaja mendesain anjungan daerah secara rinci, teliti dan bersifat tematik sehingga mampu memikat masyarakat untuk berkunjung sambil menambah wawasan.

Objek destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia merupakan objek destinasi wisata yang lengkap, karena Taman Mini Indonesia Indah memiliki museum yang beraneka ragam mulai dari museum yang menjelaskan seputar Indonesia, Museum yang berbau agama islam seperti museum Bayt Al-Qur’an, museum Masjid Istiqlal yang menjadi ikon masjid kebanggaan bangsa, hingga museum yang memberikan pengetahuan perkembangan teknologi dari masa ke masa.

Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disebut TMII memiliki museum sebanyak 19 museum dengan tema yang berbeda. Tak hanya museum saja, namun juga terdapat taman rekreasi seperti taman monumental yang didalamnya mencakup beberapa monument yang erat kaitannya dengan sejarah negara non blok, kemudian juga terdapat taman flora dan fauna yang didalamnya terdapat beragam jenis flora dan fauna.

Di dalam taman flora dan fauna ini juga terdapat sebuah bangunan yang menjadi ikon utama ciri khas tempat ini, yaitu taman legenda keong Emas yang bangunannya sengaja dibentuk menyerupai cangkang keong emas. Tak berhenti didsitu, terdapat sebuah tempat khusus tang sengaja dirancang dan dibangun untuk menciptakan suasana hiburan dan rekreasi keluarga yang amat menyenangkan, salah satu contohnya ialah Snowbay Waterpark, sky world yang dijamin akan membuat anak serta keluarga merasa riang gembira.

Pengunjung tak perlu merasa risau akan rasa lapar ketika berada di dalam Taman Mini Indonesia Indah, karena terdapat area khusus yang menawarkan berbagai makanan ringan maupun makanan berat. Di area kuliner pengunjung dapat memilih makanan sesuai selera.

Selain memiliki area kuliner, taman, dan museum yang beraneka ragam, destinasi tempat wisata yang satu ini juga memiliki tempat ibadah yang lengkap bagi seluruh umat agama Indonesia. Tak hanya Masjid saja, namun terdapat gereja, klenteng, vihara dan kuil yang memudahkan warga Indonesia untuk melakukan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing.

Harga Tiket masuk

Harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah, pengunjung diwajibkan membayar biaya tiket sebelum masuk. Berikut uraian mengenai harga tiket masuk menurut kendaraan yang dibawa:

Saat berada di pintu masuk, pengunjung akan diberi tiket dengan harga sebesar Rp 25.000. kemudian bagi pengunjung yang membawa kebdaraan Mobil pribadi dikenai harga parkir sebesar Rp 20.000, untuk kendaraan seperti Bus/truk dihargai sebesar Rp 40.000 per unit. Berbeda halnya dengan pengendara Sepeda Motor hanya dikenai harga sebesar Rp 15.000. dan yang terakhir bagi Sepeda cukup membayar Rp 5.000 saja.

Tarif Wahana TMII

Untuk memasuki berbagai wahana yang telah difasilitasi, pengunjung juga dikenakan biaya tiket masuk wahana. Setiap wahana memiliki bandrol harga yang berbeda satu sama lain, yaitu:

Wahana Kereta Gantug memiliki tarif sebesar Rp 50.000

Wahana Dunia Air Tawar sebesar Rp 35.000

Wahana Sky World dibandrol seharga Rp 80.000

Taman Legenda Keong Emas dibandrol Rp 30.000

Wahana Taman Burung bertarif Rp 30.000

Museum Fauna Indonesia Komodo & Taman Reptillia dihargai Rp 35.000

Pusat Peraga IPTEK bertarif Rp 27.500

SS Waterpark bertarif Rp 25.000

Istana Anak-Anak Indonesia: (Bebas biaya pada masa libur Lebaran 2022)

Mobil Wisata Nusantara: Rp 10.000 untuk 2 kali transit

Museum TMII Museum Indonesia: Rp 15.000

Museum Keprajuritan: Rp 4.000

Museum Perangko Indonesia: Rp 5.000

Museum Pusaka: Rp 10.000

Museum Transportasi: Rp 5.000

Museum Listrik dan Energi Baru: Rp 10.000

Museum Telekomunikasi: Tutup

Museum Olahraga Nasional: Rp 2.000

Museum Asmat: Rp 10.000

Museum Timor-Timur: Rp 5.000

Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA): Tutup

Museum Penerangan: Bebas biaya

Museum Bayt Al-qur’an dan Museum Istiqlal: Rp 5.000 untuk warga asli Indonesia (Lokal) dan Rp 10.000 bagi Warga Negara Asing (Turis).

Taman Mini memang sangat cocok dijadikan destinasi wisata idaman saat masa libur telah tiba. Selain menyenangkan, juga memberikan wawasan dan pembelajaran. Itulah ulasan mengenai Taman mini indonesia indah jadi idaman usai wisatawan, saat liburan panjang.