Taman Nasional Baluran yang menjadi Tujuan Wisatawan Asing

Taman Nasional Baluran lah yang bisa dijadikan sebagai referensi yang pas bagi Anda dan keluarga. Menikmati suasana alam yang menyegaran pikiran dari sibuknya pekerjaan. Pemandangan yang alami serta suguhan flora dan fauna akan menambah kesan menarik dan refreshing pikiran. Berlibur dan pergi ke suatu tempat memang menyenangkan apalagi di taman ini. Terlebih lagi bagi Anda yang menyukai dunia traveling.

Taman Nasional Baluran juga sangat dikenal sebagai tempat yang eksotis dengan pemandangan yang super menarik. Tak jarang banyak pelancong dari dalam maupun luar negeri yang datang kemari.

Taman Nasional Baluran juga dikenal dengan keanekaragaman flora dan faunanya. Bahkan ada yang menyebutkan taman ini sebagai salah satu serpihan negara Afrika. Karena terdapat padang rumput khas Afrika di sana.

Jika ingin berkunjung ke Taman Nasional Baluran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini ada ulasan mengenai Taman Nasional Baluran yang disebut sebagai Afrika Van Java.

Mengenal Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional yang terletak di daerah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Nama Baluran sendiri ini diambil langsung dari nama gunung yang berada di daerah tersebut, yakni Gunung Baluran.

Taman Nasional Baluran ini juga disebut sebagai Afrika van Java, karena suasana yang disuguhkan hampir sama seperti di Afrika dengan suguhan banyak tumbuhan hijau dan sabana.

Letak Taman Nasional Baluran

Letak Taman ini berada di pinggir jalan poros yang menghubungkan antara Banyuwangi dan Situbondo. Jaraknya pun dekat dari jalan poros tersebut. Bahkan semua ngkutan umum luar kota seperti Jakarta hingga Surabaya yang hendak menuju Bali pun pasti melewati Taman Nasional Baluran ini.

Namun, untuk sampai ke Taman Nasional ini membutuhkan mobil ataupun motor pribadi. Tapi, jika Anda datang dari jauh dan hanya menggunakan transportasi umum, Anda juga bisa menyewa kendaraan di sana.

Harga sewa kendaraan pun sangat bervariasi. Untuk menyewa motor kocek harganya sekitar Rp. 100.000/ motor, bayar Rp. 50.000 untuk menyewa atau naik ojek, dan biaya Rp. 300.000 – Rp. 350.000 untuk harga menyewa mobil Jeep. Semuanya tergantung para pengunjung ingin menggunakan kendaraan sewa yang mana. Pastikan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Hewan Taman Nasional Baluran

Hewan Taman Nasional Baluran sangat beragam. Mengingat bahwa Taman Nasional ini adalah area konservasi sehingga memiliki keberagaman jenis flora maupun fauna. Bahkan menurut catatan ada sekitar kurang lebih 444 jenis tumbuhan yang tertanam di sana. Terdiri dari tanaman eksotis, tanaman jenis mangrove, dan juga tumbuhan penghasil obat – obatan.

Selain itu, ada beberapa hewan khas di sana seperti terdiri dari mamalia, hewan jenis aves/ jenis burung, pisces hingga reptile semuanya bisa ditemukan di Taman ini.

Hewan khasnya adalah seperti banteng, kerbau liar, kijang, babi hutan, rusa, kucing batu, macan tutul, ajag, kucing batu, dan kucing bakau. Sementara untuk jenis primata yang ada di Taman Baluran ini adalah lutung dan kera ekor panjang.

Hewan lainnya berjenis unggas juga ada, seperti halnya ayam hutan merah, ayam hutan hijau, kangkareng, dan juga jenis rangkong. Bahkan Taman Baluran eksotis ini juga dijuluki ‘Little Africa’ ataupun ‘Africa Van Java’ karena pesonanya yang eksotis dan suguhan pemandangan alam yang sangat asri serta terjaga.

Selain dikenal dengan flora dan faunanya saja. Tempat ini juga memiliki beberapa suguhan destinasi cantik yang bisa menyegarkan pikiran. Berikut ini ada beberapa destinasi khas yang penuh pesona.

  1. Pantai Bilik Sijile

Pantai Bilik Sijile ini berada di bagian utara Taman. Di mana memiliki pasir putih yang bersih seperti lidah. Bahkan ekosistemnya pun terjaga. Di sekitar pantai, para pengunnung bisa menemukan beberapa tanaman mangrove yang bisa dijadikan spot foto hingga dijelajahi.

Pemandangan bawah laut Pantai ini juga memiliki keindahan terumbu karang dan ikan – ikan hias yang terjaga pelestariannya.

  1. Pantai Bama

Pantai terindah yang berada dekat di sekitar Taman Nasional Baluran ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Hamparan pasir putih dan hutan mangrove menjadikan suasana pantai ini damai dan menenangkan hati juga pikiran.

Para pengunjung juga akan disuguhkan dengan beberapa hewan khas seperti kera abu – abu yang sering melompat ke sana kemari. Bahkan pemandangan ketika sunrise ataupun sunset-nya pun sangat memukau mata.

Wisatawan juga dapat melihat banyaknya terumbu karang dan ikan – ikan hias yang hidup di sana, airnya jernih dan terawat. Pantai Bama ini juga akan sangat pengunjung ketika musim liburan tiba.

  1. Gunung Baluran

Salah satu hal menarik selain hewan adalah objek wisata gunung Baluran. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 1.240 meter di atas permukaan laut. Untuk sampai ke destinasi indah satu ini, para pengunjung akan menemukan hal menarik di sana seperti kaldera sekitar sepanjang 600 meter dan sumber mata air kacip, yang konon airnya tak pernah kering.

  1. Savana Bekol

Savana Bekol merupakan salah satu tempat wisata andalan yang wajib dikunjungi di sekitar kawasan Baluran. Ketika Anda berada di Savana Bekol ini, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda. Konon Anda akan merasa bahwa Anda sedang berada di Afrika. Maka tak heran, jika taman nasional baluran di sebut sebagai ‘Little Africa in Java’ karena pemandangannya yang eksotis ditambah lagi ada padang savana yang indah.

Bahkan jika Anda diklaim sebagai pengunjung yang beruntung, Anda bisa melihat beberapa atraksi satwa secara alami di Taman indah satu ini baik di pagi ataupun sore hari. Jika ingin melihat pemandangan yang lebih indah, Anda bisa naik ke atas Menara pandang. Di mana suguhan pemandangan yang eksotis akan memanjakan mata Anda.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Tentu, untuk dapat menikmati wisata di Taman Nasional Baluran, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Untuk harga tiket sendiri dinilai cukup murah. Di mana dibagi menjadi dua jenis wisatawan, yakni wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Untuk wisatawan lokal dibandrol sebesar Rp. 15.000 per orang pada hari biasa dan Rp. 17.000 per orang untuk di hari libur. Sementara, untuk turis atau wisatawan mancanegara dihargai sekitar Rp. 150.000 untuk hari biasa dan Rp. 225.000 per orang di hari libur.

Taman ini juga ada tiket khusus untuk para pelajar ataupun rombongan pelajar, yakni dihargai sekitar Rp. 8000 per hari untuk haru biasa dan Rp. 9.500 per hari pada hari libur.

Harga parkir di taman nasional baluran ini dibandrol berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan, untuk sepeda motor Rp. 5000, biaya parkir untuk kendaraan roda empat Rp. 10.000 dan untuk kendaraan roda enam sekitar Rp. 50.000.

Itulah ulasan menarik mengenai Taman Nasional Baluran yang kaya akan keberagaman flora dan fauna serta tempat indah yang dijuluki sebagai Afrika van Java.